KATA PENGANTAR
Segala puji dan rasa syukur penulis persembahkan
kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah - Nya ,sehingga kami
dapat menyelesaikan proposal yang berjudul “ Marketing plan about lobster’’
ini.
Pada kesempatan ini tak lupa kami ucapkan terima
kasih kepada kedua orang tua, yang telah berjasa besar dan penuh pengorbanan serta selalu
berdo’a dalam memenuhi segala kebutuhan ananda, sehingga kami sukses dalam
menuntut ilmu untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.
Dalam penyusunan karya tulis ini, kami mohon
maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penyusunannya, baik dalam
penyajian data, bahasa maupun sistematika pembahasannya.kami juga mengharapkan
masukan atau kritikan maupun saran yang bersifat membangun demi kesempurnaannya
di masa yang akan datang.
Demikianlah yang dapat
kami sampaikan pada kesempatan ini Mudah-mudahan dengan adanya karya tulis ini
sedikit banyaknya dapat membawa manfaat kepada kita semua, dan juga dapat
menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.
Bogor
, 29 November 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Kata
pengantar
Lobster Air Tawar atau Freshwater Crayfish adalah
salah satu genus yang termasuk dalam kelompok udang (Crustacea) air tawar yang
secara alami memiliki ukuran tubuh relative besar dan memiliki siklus hidup
hanya di lingkungan air tawar. Beberapa nama internasional lobster air tawar
ini adalah crayfish, crawfish, dan crawdad.
Lobster
air tawar juga merupakan makanan yang memiliki gizi yang cukup tinggi seperti
protein, omega 3 folate magnesium vitamin B12 kalium fosfor dll dan juga
memiliki manfaat dan kegunaan yang sangat berlimpah seperti baik untuk pertumbuhan tulang, memperkuat
pertumbuhan gigi, baik untuk perkembangan sel otak , mencegah penyakit jantung
, membantu menurunkan berat badan menambah stamina dan lain-lain.
Saat ini usaha bisnis sudah banyak
berkembang baik kelas kecil hingga kelas besar . bisnis kuliner merupakan salah
satu jenis usaha yang memiliki perkembangan yang sangat pesat , seiring dengan
meningkat nya jumlah penduduk , permintaan dan kebutuhan pokok termasuk permintaan protein juga semakin meningkat
namun kebutuhan tersebut belom dapat terpenuhi karna keterbatasan produksi
lobster air tawar sangat kecil
Selama
ini, kendala utama dalam pembudidayaan lobster air tawar adalah tidak
tersedianya modal yang besar. Hal itu karena kebanyakan orang beranggapan bahwa
usaha lobster air tawar harus dilakukan secara besar-besaran. Untuk itu, tentu
saja membutuhkan dana dan pasokan induk yang ada di pasaran saat ini masih
sangat terbatas. Padahal, lobster air tawar dapat juga dibudidayakan dalam
skala yang lebih kecil dan sangat gampang dilakukan. Dengan sedikit modal dan
kemauan yang kuat, setiap orang sudah bisa membudidayakan lobster air tawar
B.
VISI,
MISI DAN TUJUAN
VISI
: Menyediakan produk bermutu
tinggi dan memberikan kepuasaan yang maksimal untuk pelanggan serta meningkatkan
kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.
Menjadi peternak yang
konsisten, dan memberikan kualitas lobster yang jauh lebih berkualitas.
Menjadi pengusaha yang mandiri dalam pengembangan sistem
usaha budidaya lobster yang bertanggung
jawab.
MISI : Mengembangkan
sistem usaha budidaya lobster air tawar
Meningkatkan mutu induk dan benih lobster air
tawar
Meningkatkan
SDM dalam penguasaan sistem usaha budidaya air tawar yang proposional
Meningkatkan budaya kerja dan
pelayanan masyarakat (public service)
TUJUAN
: Tujuan
perusahaan adalah berkembang menjadi perusahaan budidaya dan pengolahan hasil
produksi yang terbesar di dunia dengan sistem yang terintegrasi antara budidaya
di perikanan dengan fasilitas pengolahan dan produk akhir. Dan Untuk mencapai
tujuan-tujuan tersebut perusahaan melakukan perencanaan strategis jangka
panjang dan penyusunan marketing plan secara rutin dari waktu ke waktu
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SITUATION
ANALYSIS
SWOT
SWOT merupakan suatu analisia
sebagai dasar dalam menentukan usaha, yang terdiri dari Strength
(kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threat
(ancaman). Dalam usaha pengelolaan Agrobisnis pada perusahaan Tambak Lobster
air tawar cikaret , dapat diketahui
bahwa aspek-apek tersebut adalah sebagai berikut
Strengths (Kekuatan)
- Masih jarangnya orang yang berusaha di agroindustri komoditi lobster air tawar
- Tingkat permintaan lobster air tawar yang tinggi karena telah diyakini manfaatnya
- Tingginya harga lobster air tawar di pasaran
- Jejaring yang luas hingga Jabodetabek dan sekitarnya
Weaknesses (Kelemahan)
- Membutuhkan lahan yang luas dalam kegiatan budidaya lobster air tawar
- Membutuhkan lokasi penyimpanan yang baik
- Cepat Busuk
Opportunity (Peluang)
1.
Sifat
manusia yang cenderung konsumtif.
2.
Persaingan yang masih sedikit. Dengan
jumlah pesaing yang sedikit, Usaha yang akan di mulai memiliki kesempatan yang
besar untuk mengusai pasar.
3.
Dengan daya inovatif dan
kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.
Threats (Ancaman)
1.
Iklim
yang tak menentu
2.
Harga pasar yang menurun otomatis
membuat harga lobster menurun
3.
Gagal
panen
4.
Banyak pesaing yang
mengikuti konsep yang telah kita buat.
Analisis STP ( Segmentasion,
Targeting, Positioning )
Segmentasi
Pasar
Segmentasi pasar untuk lobster air tawar adalah orang dewasa yang memiliki
penghasilan tergolong kelas menengah, yang menginginkan makanan yang mempunyai manfaat dan
protein yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan
Gambaran segmen pasar ini secara umum adalah kelompok
usia yang sudah mulai mapan dan memiliki kemampuan untuk memilih konsumsi apa
yang mereka inginkan, dan dikaitkan dengan kesehatan. Mereka masih memiliki
prioritas lain sehingga perilaku konsumsi mereka adalah mencari alternatif
variasi dari yang biasa dikonsumsi sehari-hari, pada batasan tertentu. Mereka
membandingkan kualitas dan kemudahan namun masih menuntut harga yang terjangkau
Targeting
Target pemasaran perusahaan lobster air tawar adalah segala
kalangan manusia . Berdasarkan
konsep pemasaran, lobster
air tawar dipasarkan di restoran, cathering, hotel mall, Pihak
ketiga alias pengepul ikan di wilayah se JABODETABEK,
Positioning
Adalah
tindakan membangun persepsi dan mengkomunikasikan manfaat pokok yang istimewa
dari produk dalam pasar sehingga suatu produk dapat memiliki karakteristik
tertentu hingga dapat menarik perhatian konsumen, agar konsumen mau membeli.
Manfaat lobster air tawar antara lain :
1. Memliki protein yang sangat tinggi
bagi mengkosumsi nya .
2.
Analisis Marketing Mix ( Baruan
Pemasaran )
Strategi Pemasaran
Strategi dipakai untuk menentukan tujuan yang terbaik.
Begitu pula dengan pemasaran lobster air tawar, strategi pemasaran
digunakan untuk meningkatkan produktifitas usaha ini. Diantaranya sebagai
berikut,
a)
Strategi produk :
lobster air tawar disini menjadi komuditas utama dalam usaha
ini, selain itu kami juga selalu menjaga kebersihan kolam tambak lobster karena kami ingin menyajikan lobster yang
selalu bersih dan bebas dari penyakit.
I
b)
Strategi Harga :
Strategi harga yang kami tawarkan relative jauh lebih murah
dari pada harga pasar di lapangan. Terbukti harga survey kami per tanggal 29
November 2016 untuk harga lobster di pasaran mencapai Rp 160.000,-/Kg, - 200.000/kg
dan harga yang kami tawarkan hanya Rp 150.000,-/Kg pada saat ini.
c)
Strategi Promosi :
Awal dalam mempromosikan atau mempublikasikan bisins ini
adalah melalui media interaksi social, seperti brosur website blog facebook
instagram youtube selain itu kita juga bertatap muka langsung dengan pembeli ( COD )
sesuai dengan target pasar yang akan kami capai.
d) Strategi Tempat :
Tempat usaha kami pada saat ini berada di Alamat :
Jln.
M.Sanun Rt:4 Rw:8 kel harapan jaya. Cikaret , Cibinong, Bogor . Tambak lobster
dan ikan
Ready kah lobster nya
BalasHapus