Kamis, 01 Desember 2016

marketing lobster air tawar



KATA PENGANTAR



Segala puji dan rasa syukur penulis persembahkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah - Nya ,sehingga kami dapat menyelesaikan proposal yang berjudul “ Marketing plan about lobster’’ ini.

Pada kesempatan ini tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada kedua orang tua, yang telah berjasa  besar dan penuh pengorbanan serta selalu berdo’a dalam memenuhi segala kebutuhan ananda, sehingga kami sukses dalam menuntut ilmu untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.

Dalam penyusunan karya tulis ini, kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penyusunannya, baik dalam penyajian data, bahasa maupun sistematika pembahasannya.kami juga mengharapkan masukan atau kritikan maupun saran yang bersifat membangun demi kesempurnaannya di masa yang akan datang.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini Mudah-mudahan dengan adanya karya tulis ini sedikit banyaknya dapat membawa manfaat kepada kita semua, dan juga dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.

Bogor , 29  November  2016



Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Kata pengantar
Lobster Air Tawar atau Freshwater Crayfish adalah salah satu genus yang termasuk dalam kelompok udang (Crustacea) air tawar yang secara alami memiliki ukuran tubuh relative besar dan memiliki siklus hidup hanya di lingkungan air tawar. Beberapa nama internasional lobster air tawar ini adalah crayfish, crawfish, dan crawdad.
            Lobster air tawar juga merupakan makanan yang memiliki gizi yang cukup tinggi seperti protein, omega 3 folate magnesium vitamin B12 kalium fosfor dll dan juga memiliki manfaat dan kegunaan yang sangat berlimpah seperti baik untuk pertumbuhan tulang, memperkuat pertumbuhan gigi, baik untuk perkembangan sel otak , mencegah penyakit jantung , membantu menurunkan berat badan menambah stamina dan lain-lain.
            Saat ini usaha bisnis sudah banyak berkembang baik kelas kecil hingga kelas besar . bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki perkembangan yang sangat pesat , seiring dengan meningkat nya jumlah penduduk , permintaan dan kebutuhan pokok termasuk  permintaan protein juga semakin meningkat namun kebutuhan tersebut belom dapat terpenuhi karna keterbatasan produksi lobster air tawar sangat kecil
Selama ini, kendala utama dalam pembudidayaan lobster air tawar adalah tidak tersedianya modal yang besar. Hal itu karena kebanyakan orang beranggapan bahwa usaha lobster air tawar harus dilakukan secara besar-besaran. Untuk itu, tentu saja membutuhkan dana dan pasokan induk yang ada di pasaran saat ini masih sangat terbatas. Padahal, lobster air tawar dapat juga dibudidayakan dalam skala yang lebih kecil dan sangat gampang dilakukan. Dengan sedikit modal dan kemauan yang kuat, setiap orang sudah bisa membudidayakan lobster air tawar








B.    VISI, MISI DAN TUJUAN  
VISI : Menyediakan produk bermutu tinggi dan memberikan kepuasaan yang maksimal untuk             pelanggan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.
             Menjadi peternak yang konsisten, dan memberikan kualitas lobster yang jauh lebih     berkualitas.
            Menjadi pengusaha yang mandiri dalam pengembangan sistem usaha budidaya lobster  yang bertanggung jawab.

MISI : Mengembangkan sistem usaha budidaya lobster  air tawar
  Meningkatkan mutu induk dan benih lobster air tawar
Meningkatkan SDM dalam penguasaan sistem usaha budidaya air tawar yang  proposional
                 Meningkatkan budaya kerja dan pelayanan masyarakat (public service)

TUJUAN : Tujuan perusahaan adalah berkembang menjadi perusahaan budidaya dan pengolahan hasil produksi yang terbesar di dunia dengan sistem yang terintegrasi antara budidaya di perikanan dengan fasilitas pengolahan dan produk akhir. Dan Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut perusahaan melakukan perencanaan strategis jangka panjang dan penyusunan marketing plan secara rutin dari waktu ke waktu


           




                                                           
BAB  II
PEMBAHASAN
A.    SITUATION ANALYSIS
SWOT
SWOT merupakan suatu analisia sebagai dasar dalam menentukan usaha, yang terdiri dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threat (ancaman). Dalam usaha pengelolaan Agrobisnis pada perusahaan Tambak Lobster air tawar cikaret  , dapat diketahui bahwa aspek-apek tersebut adalah sebagai berikut

Strengths (Kekuatan)
  1. Masih jarangnya orang yang berusaha di agroindustri komoditi lobster air tawar
  2. Tingkat permintaan lobster air tawar yang tinggi karena telah diyakini manfaatnya
  3. Tingginya harga lobster air tawar di pasaran
  4. Jejaring yang luas hingga Jabodetabek dan sekitarnya
Weaknesses (Kelemahan)
  1. Membutuhkan lahan yang luas dalam kegiatan budidaya lobster air tawar
  2. Membutuhkan lokasi penyimpanan yang baik
  3. Cepat Busuk
Opportunity (Peluang)
1.     Sifat manusia yang cenderung konsumtif.
2.     Persaingan yang masih sedikit. Dengan jumlah pesaing yang sedikit, Usaha yang akan di mulai memiliki kesempatan yang besar untuk mengusai pasar.
3.     Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar.

Threats (Ancaman)
1.     Iklim yang tak menentu
2.     Harga pasar yang menurun otomatis membuat harga lobster menurun
3.     Gagal panen
4.     Banyak pesaing yang mengikuti konsep yang telah kita buat.

Analisis STP ( Segmentasion, Targeting, Positioning )

Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar untuk lobster air tawar adalah orang dewasa yang memiliki penghasilan tergolong kelas menengah, yang menginginkan makanan yang mempunyai manfaat dan protein yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan

Gambaran segmen pasar ini secara umum adalah kelompok usia yang sudah mulai mapan dan memiliki kemampuan untuk memilih konsumsi apa yang mereka inginkan, dan dikaitkan dengan kesehatan. Mereka masih memiliki prioritas lain sehingga perilaku konsumsi mereka adalah mencari alternatif variasi dari yang biasa dikonsumsi sehari-hari, pada batasan tertentu. Mereka membandingkan kualitas dan kemudahan namun masih menuntut harga yang terjangkau

Targeting  
Target pemasaran perusahaan lobster air tawar adalah segala kalangan manusia . Berdasarkan konsep pemasaran, lobster air tawar dipasarkan di restoran, cathering, hotel mall, Pihak ketiga alias pengepul ikan  di wilayah se JABODETABEK,
Positioning
Adalah tindakan membangun persepsi dan mengkomunikasikan manfaat pokok yang istimewa dari produk dalam pasar sehingga suatu produk dapat memiliki karakteristik tertentu hingga dapat menarik perhatian konsumen, agar konsumen mau membeli.
Manfaat lobster air tawar  antara lain :
1.     Memliki protein yang sangat tinggi bagi mengkosumsi nya .
2.      
Analisis Marketing Mix ( Baruan Pemasaran )

Strategi Pemasaran
Strategi dipakai untuk menentukan tujuan yang terbaik. Begitu pula dengan pemasaran lobster air tawar, strategi  pemasaran digunakan untuk meningkatkan produktifitas usaha ini. Diantaranya sebagai berikut,
a)      Strategi produk :
lobster air tawar disini menjadi komuditas utama dalam usaha ini, selain itu kami juga selalu menjaga kebersihan kolam tambak lobster  karena kami ingin menyajikan lobster yang selalu bersih dan bebas dari penyakit.
                                        I
b)     Strategi Harga :
Strategi harga yang kami tawarkan relative jauh lebih murah dari pada harga pasar di lapangan. Terbukti harga survey kami per tanggal 29 November 2016 untuk harga lobster di  pasaran mencapai Rp 160.000,-/Kg, - 200.000/kg dan harga yang kami tawarkan hanya Rp 150.000,-/Kg pada saat ini.

c)      Strategi Promosi :
Awal dalam mempromosikan atau mempublikasikan bisins ini adalah melalui media interaksi social, seperti brosur website blog facebook instagram youtube  selain itu kita juga  bertatap muka langsung dengan pembeli ( COD ) sesuai dengan target pasar yang akan kami capai.
d)    Strategi Tempat :
              Tempat usaha kami pada saat ini berada di Alamat :

Jln. M.Sanun Rt:4 Rw:8 kel harapan jaya. Cikaret , Cibinong, Bogor . Tambak lobster dan ikan



1 komentar: